About Us

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

LATAR BELAKANG

Bangsa Indonesia menghadapi tantangan besar dalam era digital untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya dalam konteks masyarakat 5.0. Masyarakat 5.0 berpusat pada manusia (a human-centered society) dan teknologi dengan mewujudkan perpaduan canggih ruang cyber dan ruang fisik dengan menyediakan barang dan jasa. Masyarakat 5.0 adalah mewujudkan masyarakat yang dapat menikmati hidup dengan kerangka kerja dan teknologi yang dikembangkan untuk menyelesaikan tantangan sosial di era digital. Dengan kata lain, masyarakat merdeka untuk memilih, berinovasi, bebas dari keterpaksaan dan mandiri untuk menentukan serta kreatif.

Guru sebagai pilar utama dalam mewujudkan masa depan bangsa perlu berbagi dan bersinergi untuk menyatukan tujuan peningkatan kualitas belajar siswa di era digital. Guru berkewajiban membangun SDM bangsa menjadi orang-orang yang mampu mengelola kebutuhan bangsa dalam pemanfaatan teknologi. Guru merupakan orang-orang yang berkompeten dalam mengelola merdeka belajar bagi siswa-siswa yang sangat dikenal perkembangan kompetensi mereka. Guru yang ikut bertanggungjawab menyokong masa depan bangsa dalam membentuk jiwa satria anak bangsa menjaga kualitas perkembangan bangsa.

Merdeka belajar perlu kehadiran guru penggerak menjadi poin terpenting dalam peningkatan pendidikan Indonesia. Sebagai salah satu institusi yang mendidik guru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP-UT) dengan bangga menyelenggarakan Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) ke-12. Forum tahunan ini diharapkan menjadi media untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, strategi untuk berinovasi untuk dapat merdeka belajar di era digital demi masa depan bangsa yang lebih baik.