AREA

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Inovasi atau innovation berasal dari kata innovate(English) dan innovare(bhsa Latin) artinya membuat perubahan atau memperkenalkan sesuatu yang baru. Sedangkan pengertian Inovasi Teknologi yaitu memperkenalkan suatu teknologi yang baru, pelayanan yang baru, dan cara-cara baru yang lebih bermanfaat.

Dalam definisinya, innovasi tidak diartikan sebagai penemuan(discovery), tetapi berbeda maknanya. Bedanya yaitu, invensi adalah penemuan yang benar-benar baru sebagai hasil kegiatan manusia, sedangkan discovery yaitu sesuatu yang sebelumnya telah ada, tetapi baru diketahui/ditemukan kembali oleh manusia.

Inovasi adalah penciptaan produk yang lebih baik atau lebih efektif, proses, layanan, teknologi, atau gagasan yang diterima oleh pasar, pemerintah, dan masyarakat. Inovasi berbeda dengan penemuan dalam inovasi mengacu pada penggunaan ide baru atau metode, sedangkan penemuan lebih mengacu langsung pada penciptaan gagasan atau metode itu sendiri.

PARA ANALIS  industri mengkonseptualisasi perkembangan industri di dunia telah mencapai gelombang revolusi industri ke-4 (4IR) atau “industri 4.0”, ketika proses industri terkait revolusi digital memasuki Abad ke-21, sebagai perkembangan lanjut dari gelombang-gelombang revolusi industri sebelumnya. Dalam industri 1.0 tenaga uap air digunakan dalam mekanisasi produksi sebagai dampak dari penemuan mesin uap, dalam industri 2.0 tenaga listrik digunakan untuk mengkreasi produksi massa, dan dalam industri 3.0 teknologi elektronika dan teknlogi informasi digunakan untuk mengotomasi produksi (Hussin, 2018).

  1. Konsep Penilaian
  2. Peran Evaluasi
  3. Fungsi-Fungsi Penilian
  4. Proses Penilian